Goresan Pena

PAHLAWAN, Mereka yang memberi arti pada Sesama

01.18.00 Iwan Wahyudi 0 Comments






Mendengar kata pahlawan sebagian kita hanya membatasi definisinya hanya untuk mereka yang telah berjasa pada bangsa dan Negara, lebih sempit lagi pada mereka yang merebut dan memperjuangkan kemerdekaan. Kalau definisi pahlawan saya persempit sedemikian rupa maka pintu kepahlawanan telah tertutup untuk mereka para generasi yang lahir dan bergerak secara sadar setelah kemerdekaan.

Pahlawan saya lebih suka menyematkannya pada siapa yang telah memberi arti dan manfaat pada orang lain. Mereka mungkin tidak dikenal oleh banyak orang, tidak bergelut dengan media serta infotaiment yang sarat pencitraan, tidak mengharap tanda jasa, tidak perlu gebyar seremonial penyematan gelar pahlawan.

Mereka ada digelap malam gulita saat yang lain larut dalam pelukan senyap, di bukit yang menjulang kelangit, dihamparan sawah yang menguning, ditengah samudera yang membiru, dilorong-lorong persembunyian dinegara jiran, ditengah tumpukan bau busuk sampah, ditengah senyum simpul para penuntut ilmu, diantara deru suara rel kereta api, diantara selang-selang infus, ditengah hutan tempat tapal batas Negara.

Mereka ada dan dikenang dihati orang-orang yang mendapatkan arti dan kemanfaatan atas keberadaannnya dimuka bumi. Karena tidak semua pahlawan harus memiliki nama yang ditulis diatas pahatan prasasti batu pualam.

Mereka telah menjadi pahlawan di hati kita atau manusia lainnya. Tinggal kita bercermin apakah kita juga seperti mereka? telah menjadi pahlawan bagi orang lain. Karena manusia hebat adalah mereka yang  bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan  sekitarnya.

J-Garden , 01:05 wita, 10 November 2013


IWAN Wahyudi
www.iwan-wahyudi.com

You Might Also Like

0 komentar: