Berita

Terjadi Penggelembungan Suara Sistemik di Jateng

23.25.00 Iwan Wahyudi 0 Comments



Semarang (12/4) – Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Keadilan Sejahtera Jawa Tengah sekaligus Koordinator Tim Tabulasi Jawa Tengah Hadi Santoso pada Sabtu (12/4) mengatakan bahwa Tim Tabulasi Wilayah melihat banyak aksi penggelembungan suara di beberapa tempat di Jawa Tengah.

“Ada laporan dari Tim Tabulasi Wilayah yang men-scan LJK C1 dan melakukan validasi, ternyata hampir semua suara perinciambern sebuah partai berbeda jumlahnya dengan jumlah keseluruhan dan rata–rata terjadi penggelembungan antara 10-50% atau mencapai 500 suara. Awalnya kami kira ini kesalahan KPPS salah hitung, namun akhirnya kami berkesimpulan hal ini sengaja dilakukan KPPS, yang untuk kasus tersebut terjadi di Kecamatan Gunungpati dan Tembalang di Kota Semarang,” urai Hadi.

Selain di Kota Semarang, Hadi menjelaskan bahwa aksi kecurangan yang juga terjadi di Temanggung, Cilacap, dan Pati. Dikatakan Hadi, sebuah partai mengalami kenaikan suara dan ketidaksinkronan data berkisar antara 10 hingga 50 suara per TPS.  “Di Kabupaten Cilacap, modus yang digunakan adalah oknum yang membeli form C1 milik saksi,” ungkapnya.

Untuk itu, Hadi meminta kepada KPU Jateng dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tidak tutup mata atas aksi ini dan segera melakukan langkah tindak lanjut. “Kami mencium adanya operasi masif penggelembungan suara secara sistemik di Jateng dan jika benar terbukti, PKS tidak segan mengambil tindakan tegas,” jelas Hadi.

Sumber : http://pks.or.id

You Might Also Like

0 komentar: