Kabar NTB

NTB Terancam Kekurangan Tenaga Penyuluh Tani

05.28.00 Iwan Wahyudi 0 Comments

Mataram (Global FM Lombok)-
Sebanyak 50 persen penyuluh pertanian di NTB akan pensiun pada tahun 2014-2015 mendatang. Dari segi jumlah penyuluh pertanian sebenarnya sudah cukup, namun jika tidak diantisipasi lebih awal, maka penyuluh yang akan pensiun pada umur 56 tahun akan mengakibatkan kurangnya jumlah penyuluh.

Demikian dikatakan kepala sekretariat Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) Provinsi NTB Dr. Ir H. Mashur kepada Reprter Global FM Lombok. Ia mengatakan, saat ini Tenaga Harian Lepas ( THL) sebanyak 625 orang bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), sehingga nantinya bisa menutupi kekurangan jumlah penyuluh pertanian di NTB.

“Kalau dari segi jumlah, penyuluh itu sebetulnya cukup di NTB. Tetapi itu kalau tidak diantisipasi bahwa penyuluh itu pensiun di umur 56 tahun, maka itu akan terjadi kekurangan penyuluh yang cukup besar. Lebih dari 50 persen, penyuluh pada tahun 2014-2015 akan pensiun”

Ia mengatakan, penyuluh THL tersebar di seluruh kabupaten kota, sehingga akan terjadi kekurangan penyuluh secara merata di NTB jika para penyuluh tersebut pensiun.  Jumlah penyuluh pertanian turut mempengaruhi jumlah hasil pertanian sehingga jika para  penyuluh pensiun akan mempengaruhi hasil pertanian NTB. Saat ini jumlah penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan sebanyak 1.840 orang yang tersebar seluruh kabupaten kota di NTB.

Menurutnya, pemprov NTB sedang menggalakkan gerakan penyuluh untuk mendukung swasambada kedelai disetiap kabupaten kota dengan basis kecamatan. “Saat ini, jumlah penyuluh yang cukup. Tapi, jika penyuluh tersebut pensiun maka akan mempengaruhi hasil pertanian di NTB”.  ujarnya (gus).

You Might Also Like

0 komentar: