Kabar NTB

Target Geopark Dunia, Pemprov Intensifkan Kerjasama Dengan Pusat

05.58.00 Iwan Wahyudi 0 Comments

Mataram (Global FM Lombok)-
Seteleah gunung Rinjani ditetapkan sebagai geopark nasional, pemerintah provinsi (pemprov) NTB akan mengintensifkan kerja sama bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Hal tersebut sebagai salah satu langkah untuk mengetahaui karekteristik atau persyaratan yang harus dipenuhi sehingga gelar geopark nasional berubah menjadi geopark dunia tahun mendatang.

Demikian dikatakan Gubernur NTB Dr. TGH Zainul Majdi MA usai Inagurasi Geopark Rinjani sebagai Geopark Nasional di Mataram, Kamis (14/11) Malam . Ia mengatakan, apabila terdapat persyaratan yang belum bisa dipenuhi maka pemprov NTB akan segera untuk memenuhinya. Kekayaan kawasan gunung Rinjani harus terus dijaga dan menghindari kegiatan-kegiatan yang bisa merusak ekosistem kawasan tersebut. Kekayaan gunung Rinjani terdiri dari ekosistem, fauna, flora dan hutan di kawasan unung Rinjani harus dijaga dengan baik.

“Apabila terus dilakukan promosi, maka orang akan tahu kalau NTB memiliki kawasan Geopark yang sangat indah yaitu Gunung Rinjani” katanya

Selain itu kata Majdi, geopark Rinjani harus dipromosikan terus menerus sehingga wisatawan mengetahui kalau daerah ini memiliki kawasan geopark yang sangat indah. Apabila hal-hal tersebut dilakukan, sambil menyiapkan secara formal pengajuannya kepada pemerintah pusat maka gunung Rinjani bisa menjadi geopark dunia.

Ia menambahkan, pada awal tahun 2014 mendatang  gunung Rinjani akan diusulkan menjadi geopark dunia sehingga diharapkan kepada semua stakeholder baik pemerintah, masyarakat dan media  membantu promosi terkait keindahan yang dimiliki oleh kawasan gunung Rinjani tersebut. (gus)-

You Might Also Like

0 komentar: