Iptek

Diserang Hacker, Facebook & Instagram Sempat Lumpuh

21.21.00 Iwan Wahyudi 0 Comments




Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan jejaring sosial Facebook dan Instagram mengalami gangguan pada Selasa (27/1). Seorang pemrogram bernama Andrew Pope di Facebook, mengatakan bahwa kedua layanan ini terganggu selama 1 jam.

Dalam sebuah publikasi di halaman Facebook Developers, Pope mengatakan bahwa layanan Facebook padam dari jam 22.10 sampai 23.10 PST atau 13.10 sampai 14.10 WIB.

"Teknisi kami mengidentifikasi penyebab pemadaman dan memulihkan situs dengan cepat. Sekarang Anda akan melihat penurunan tingkat error saat sistem kami stabil," tulis Pope yang menjabat sebagai Production Engineering Manager.

Ini merupakan kerusakan yang pertama dialami Facebook di tahun 2015. Tetapi, ini bukan kerusakan terlama yang dialami Facebook.

Pada 2010 lalu, Facebook sempat tumbang selama 2,5 jam lalu di Oktober 2013 sempat tumbang selama 4 jam. Di waktu lain, Facebook hanya mengalami gangguan selama beberapa menit.

Facebook merupakan sebuah platform media sosial yang dimanfaatkan sebagai media beriklan. Ketika mereka mengalami gangguan, maka akan terjadi akumulasi kerugian dari para pengiklan.

Pada pertengahan 2014, Facebook dipercaya menghasilkan pendapatan senilai US$ 15.000 dari berbagai sumber setiap semenit. Maka dengan gangguan selama satu jam kali ini, Facebook mungkin akan mengalami kerugian sebesar US$ 900 ribu atau sekitar Rp 11,2 miliar.

You Might Also Like

0 komentar: