Berita

Wakil ketua DPR: Kan ada Esemka, kenapa harus Proton

21.44.00 Iwan Wahyudi 0 Comments

Wakil ketua DPR: Kan ada Esemka, kenapa harus Proton
Jokowi Esemka. Merdeka.com/Arie Basuki  

Merdeka.com - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono melalui bendera PT Adiperkasa Citra Lestari, menjalin kerjasama dengan perusahaan otomotif Malaysia Proton Holdings Berhad untuk mengembangkan mobil nasional di Indonesia. Penandantanganan kerjasama tersebut, disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak.

Wakil ketua DPR Taufik Kurniawan menyayangkan apabila pemerintah mengambil keputusan seperti itu. Dia menjelaskan, saat menjabat sebagai wali kota Solo Jokowi sangat mengaggumi produk dama negeri melalui mobil Esemka. Namun saat ini justru mendukung kerjasama dengan perusahaan asing.

"Kan ada Esemka, kenapa harus dengan Proton. Kalau harus ada assembling, kenapa harus Malaysia, kenapa kenapa enggak ke Jepang langsung. Sekarang kesepakatan yang ada itu saya melihat bussiness to bussiness, akan berbeda jika sudah jadi kesepakatan government to government," kata Taufik, di Warung Daun, Cikini, Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (7/2)

Taufik menilai, Indonesia sendiri sebenarnya memiliki potensi besar untuk memajukan mobil nasional tanpa perlu bekerjasama dengan Malaysia. Apalagi menurutnya, hubungan Indonesia-Malaysia terkadang sering terjadi gesekan.

"Pesawat saja kita bisa buat dalam negeri, masak mobil tidak bisa. Sebenarnya tidak harus dengan Malaysia tapi negara-negara lain banyak lebih maju. Kita harus buru potensi dalam negeri," tegasnya.

You Might Also Like

0 komentar: