Pena Iwan

100 [ MENGIKAT HATI "DIAM-DIAM" ]

00.06.00 Iwan Wahyudi 0 Comments

"Dalamnya hati tak dapat ditebak, luasnya pun tak dapat di ukur. Namun, semua itu akan mudah jika dapat mengikat hati tersebut."
Empat bulan lebih Pandemi Covid-19 membatasi gerakan manusia agar di rumah saja, interaksi sosial secara fisik terbatas bahkan terputus apalagi jika berbeda daerah. Apalagi itu terkait perjumpaan dengan orang-orang tercinta. Momentum pertemuan kolosal bernama mudik lebaran pun dilarang.

Tetiba pesan masuk, "Bang lagi di kampus, sebentar lagi kita merapat mau silaturahim setelah agenda dengan dinas selesai". Beberapa waktu kemudian pertemuan yang tak kami rencakan terjadi. Tiga tamu itu para Anggota DPRD Lombok Timur. Abdul Halid adik tingkat ini lebih dari setahun (jauh sebelum pelantikannya sebagai wakil rakyat) tak bertemu, TGH Wildan terakhir bertemu Ramadhan tiga tahun lalu, sedangkan ust Asmat lebih dari lima tahun lalu terakhir berjumpa.

Suatu waktu, ketika membeli sesuatu disebuah lapak pasar tradisional ada yang menyapa dari belakang, "Assalamu'alaikum pak." Sambil menjawab salam saya menerka siapa gerangan karena setengah wajahnya tertutup masker. Ternyata mahasiswa kelas saya, yang tiga bulan terakhir semester ini tak pernah bertemu karena proses pembelajaran dan Ujian Akhir Semester melalui Darling online. Sampai ada yang berkomentar di group, "Pertemuan terakhir kelas kita semester ini tanpa ada foto bersama."

Kita tentunya menyadari rentang waktu akan menumbuhkan kerinduan untuk bertemu. Semakin lama akan semakin dalam rasa itu, sehingga semakin besar pula keinginan berjumpa. Semakin dekat hubungan, maka akan semakin kuat magnet diantaranya.

Salah satu kunci dari itu adalah ikatan hati yang menghubungkannya. Sehingga tumbuh rasa ingin berjumpa dan mengunjungi.

“Ada seseorang yang mengunjungi saudaranya di sebuah desa. Di tengah perjalanan, Allah mengutus malaikat-Nya. Ketika berjumpa, malaikat bertanya, “Mau kemana?” Orang tersebut menjawab, “Saya mau mengunjungi saudara di desa ini.” Malaikat bertanya, “Apakah kau ingin mendapatkan sesuatu keuntungan darinya?” Ia menjawab, “Tidak. Aku mengunjunginya hanya karena aku mencintainya karena Allah.” Malaikat pun berkata, “Sungguh utusan Allah yang diutus padamu memberi kabar untukmu, bahwa Allah telah mencintaimu, sebagaimana kau mencintai saudaramu karena-Nya.” (HR. Muslim)

Nah, disaat Pandemi tentu saling mengunjungi akan terbatas bahkan tak dapat dilakukan sama sekali terutama diluar daerah dan zona wabah covid-19. Dan peristiwa pertemuan saya dengan teman lama dan mahasiswa yang sudah lama tak bertemu diatas bukan tanpa sebab, sehingga tetiba ada jalan lalu bisa berjumpa. Salah satu cara mengikat hati dengan berdo'a diam-diam pada Sang Pemilik segala hati.

Dari Abu Ad-Darda’ radhiyallahu'anhu dia berkata: Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda:
“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya (diam-diam), melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912)

Dalam riwayat lain dengan lafazh:
“Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, “Amin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.”

Bisa jadi kisah pertemuan diawal tulisan ini adalah buah dari do'a diam-diam salah satu diantara kami atau tak menutup kemungkinan do'a sunyi yang sembunyi-sembunyi kedua belah pihak yang terpaut hatinya.

Jika Allah sudah menautkan hati diantara manusia tak ada satu kekuatanpun yang dapat memisahkannya. Begitu pula sebaliknya, jika semua kekuatan di bumi ini berhimpun menyatukan hati, namun Allah tak berkehendak maka tetap akan tercerai walau fisik diantaranya saling bersebelahan.

28062020
#IWANwahyudi
#InspirasiWajahNegeri
#MariBerbagiMakna
@iwanwahyudi1
@inspirasiwajahnegeri


You Might Also Like

0 komentar: