Pena Iwan

96 [MENCINTAI LITERASI]

06.54.00 Iwan Wahyudi 0 Comments



"Mencintai berarti menjadikannya bagian dari kehidupan tanpa tapi"

Lima tahun yang lalu, tepatnya Maret 2015 (detak waktu ternyata begitu cepat, perasaan baru kemarin-kemarin) awal perjumpaan dengan beliau di sebuah rumah di Ampenan yang sedang disulap menjadi tempat nongkrong, diskusi, ngopi dan perpustakaan yang diberi nama Kalikuma. Beliau Aba Du Wahid @abadu.wahid seorang dosen yang juga penulis, begitu juga dengan istrinya. Beliau mendirikan lembaga dan penerbitan sebagai bagian dari gerakan literasi yang menjadi nafasnya. Di Bima tanah kelahirannya mendirikan Kalikuma Library dan Educamp.
Akhirnya Kalikuma bukan sekedar jadi tempat nongkrong, tapi juga memotivasi literasi, sharing kebudayaan dan sejarah lokal. Saat beliau membimbing kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) salah satu programnya literasi pemuda desa, dan saya di beri kesempatan berbagi pengalaman.
Tidak mudah memang, menyelami hoby dan kebiasaan yang bukan menjadi hal yang menarik banyak publik. Bukan juga trend kekinian dan memang begitulah kondisi mayoritas warga bangsa ini dengan tingkat aktifitas membaca yang rendah apalagi untuk menulis. Perlu kesungguhan dan cinta terhadap literasi yang tumbuh dalam diri terlebih dahulu, bukan hanya kebijakan semata. Dan perlu ada komunitas dimana personal-personal tersebut berkumpul saling bertukar pikiran dan menyemangati untuk tetap selalu belajar dan tumbuh bersama.
Jika mengucap kata cinta, semua orang pasti bisa. Namun, membuktikannya tanpa tapi itu yang menjadi tanda dan bukti kebenaran rasa cinta itu.
26062020
#IWANwahyudi
#InspirasiWajahNegeri
#MariBerbagiMakna
@iwanwahyudi1
@inspirasiwajahnegeri

You Might Also Like

0 komentar: