Kabar NTB

KPU Gandeng Mahasiswa Kawal Proses Pemilu

05.30.00 Iwan Wahyudi 0 Comments


Mataram (Global FM Lombok)-
KPU Provinsi NTB menggandeng BEM NTB Raya untuk ikut mengawal proses pemilu legislatif 2014 mendatang. BEM NTB Raya yang tersebar di 30 kampus di seluruh NTB akan diberikan SK khusus oleh KPU NTB dalam rangka ikut membantu sosialisasi pelaksanaan pemilu kepada masyarakat.

Komisioner KPU NTB Ilyas Sarbini saat menerima pengurus BEM NTB Raya Kamis (7/11) mengatakan, mahasiswa bisa ikut mengambil bagian dalam mencerdaskan para pemilih. Pemilih yang cerdas akan memilih calon wakil mereka yang duduk di legislatif dengan pilihan yang rasional. Nantinya diharapkan para pemilih akan memilih caleg yang memiliki kapasitas dan mampu memperjuangkan aspirasi masyarakatnya.

Ilyas mengatakan, seluruh caleg akan bersaing dengan keras untuk memperoleh kursi di legislatif. Pasalnya jumlah kursi yang diperebutkan sangat sedikit, sementara jumlah calon sangat banyak. Ia merincikan, jumlah kursi DPR RI dapil NTB hanya 10 kursi, sementara jumlah caleg DPR RI sebanyak 119 orang.
Sementara itu, jumlah kursi DPD dapil NTB hanya 4 kursi yang diperbutkan oleh 41 orang calon. Sedangkan kursi DPRD provinsi NTB sebanyak 65 kursi yang akan diperebutkan oleh 765 calon. Sementara kursi DPRD kabupaten kota se NTB sebanyak 385 kursi yang akan diperebutkan oleh 4.600 calon.  ” Itulah sistem proporsional terbuka. Ini membawa konsekwensi bahwa calon akan bertarung sendiri-sendiri” kata Ilyas (ris)-

You Might Also Like

0 komentar: