Berita

Ini Hasil Kunjungan Jokowi di Malaysia, Brunei dan Filipina

06.37.00 Iwan Wahyudi 0 Comments

Ini Hasil Kunjungan Jokowi di Malaysia, Brunei dan Filipina

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan di Malaysia, Brunei dan Filipina. Ada beberapa kesepakatan yang dibuat Presiden Jokowi dengan pemerintah dari 3 negara anggota ASEAN itu.

Seperti di Malaysia, selain masalah TKI dan pendidikan anak Indonesia, Presiden Jokowi juga berbicara soal nelayan Bajo atau yang dikenal sebagai manusia kapal. "Mengenai nelayan Bajo, kita sepakat membuat trilateral, Indonesia-Malaysia-Filipina. Semua sepakat untuk penanganan nelayan Bajo di masa yang akan datang," kata Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (10/2/2015) dini hari. Kemudian dengan Brunei, Presiden Jokowi berharap semakin banyak investasi Brunei di Indonesia.

"Dengan Brunei Darussalam, tidak banyak hal yang bisa kita sepakati, karena memang kita tidak banyak masalah dengan Brunei Darussalam. Hubungannya stabil dan baik sehingga maslaah buruh migran, perdagangan, investasi, kita hanya ingin mengundang lebih banyak lagi untuk investasi Brunei di Indonesia," ujar Jokowi.

Sementara dengan pemerintah Filipina, Jokowi berbicara mengenai proses batas lintas kontinen. Jokowi mengatakan, Indonesia didorong untuk mempercepat proses batas tersebut.

"Kemudian juga kita telah tandatangani tadi masalah yang berkaitan dengan narkoba. Tadi BNN juga telah tandatangan. Kemudian juga Lemhanas juga tandatangan untuk hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan, training dan pertahanan," ucap Jokowi.

Sumber : http://news.detik.com

You Might Also Like

0 komentar: