Berita

Beda Banjir 2013 dan 2015 yang Sama-sama Genangi Istana Negara

06.32.00 Iwan Wahyudi 0 Comments

Beda Banjir 2013 dan 2015 yang Sama-sama Genangi Istana Negara  


Jakarta - Sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta, termasuk jalan-jalan protokol, tergenang akibat curah hujan lebat sejak semalam. Pemandangan seperti ini sedikit banyak menyerupai banjir yang menggenangi Ibu Kota pada tahun 2013 lalu.

Kala itu, banjir merendam Bundaran HI, Istana Merdeka dan sekitarnya yang notabenenya masuk dalam kawasan Ring I. Hari ini, banjir dengan ketinggian variasi juga kembali 'mengepung' Ibu Kota.

"Yang ini lebih banyak curah hujan lokal sangat tinggi. Kapasitas drainasenya belum optimal memadai. Tiap tahun karakterikstik hujan berbeda," ujar Kepala bidang Informasi dan Pengendalian BPBD Bambang Surya Putra saat ditemui di ruangannya, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (9/2/2015).

Dia menjelaskan, masih banyaknya proyek sheet pile yang belum tertutup sempurna pada tanggul-tanggul, sehingga belum optimal dalam membendung debit air. Namun menurutnya, Pemprov DKI telah melakukan berbagai cara untuk meminimalisir munculnya genangan air yang selalu 'menghantui' Ibu Kota setiap kali memasuki musim penghujan.

"(Pemprov sudah lakukan) Pembelian pompa baru di daerah Ria Rio dipasang, Waduk Pluit juga. Buat waduk-waduk baru seperti di daerah Setu, Cilangkap. Terus juga normalisasi dalam artian perluasan waduk juga dilakukan untuk mengembalikan seperti awalnya, seperti di Pluit dan Ria Rio juga ada normalisasi," lanjutnya.

"Mungkin kita juga adakan evaluasi dengan membuat penyetaraan tahun ini di daerah tertentu yang bisa dibandingkan apple to apple dengan tahun lalu supaya objektif," sambung Ahok.

Meski secara signifikan belum terlihat jelas mengenai dampak banjir, namun dari segi mikro sudah mulai terlihat efektivitasnya. "Secara signifikan baru bisa lihat karena kebetulan proyeknya multi years. Untuk proyek besar kita akan lihat setelah proyek selesai supaya bisa lihat objektif. Pembersihan saluran-saluran mikro kelihatan sih," pungkasnya.

Sumber : http://news.detik.com

You Might Also Like

0 komentar: