Berita

Masjid di Papua Dibakar Saat Shalat Idul Fitri

00.13.00 Iwan Wahyudi 0 Comments

Masjid di Tolikara Papua dibakar (Metrotvnews.com)
Kedamaian Idul Fitri terganggu. Sebuah masjid serta puluhan rumah dan kios di Tolikara, Papua dibakar tepat saat umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan Koramil, Jum’at (17/7/2015) pagi. Sontak, warga yang sedang melaksanakan shalat Id berlarian menyelamatkan diri karena jarak rumah yang dibakar dan tempat shalat Id hanya sekira 50 meter.

Menurut Kapolri Jenderal Badrodin Haiti seperti dilansir Republika, jemaat nasrani merasa terganggu dengan speaker masjid umat Muslim yang akan melakukan shalat Id. Umat Nasrani mengklaim suara speaker yang dipasang di tengah lapangan menggangu ketenangan umum.

Mereka meminta umat Muslim untuk membubarkan kegiatan shalat Id tersebut. Hal itu berujung pada perang mulut antara kedua kubu. Kelompok nasrani kemudian melempari masjid dengan api hingga terbakar.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat, Anwar Abbas meminta pemerintah segera turun tangan atas kasus pembakaran tersebut. Menurutnya, pemerintah tidak boleh mengabaikan kasus pembakaran itu. Pemerintah harus segera bertindak dan menyelesaikannya. Jika tidak, ia khawatir kasus tersebut akan menjadi pemicu rontoknya kerukunan antar umat beragama.
Puluhan rumah dan kios juga dibakar (pkspiyungan.org)
Puluhan rumah dan kios juga dibakar (pkspiyungan.org)
Sementara itu, dalam rangka mengantisipasi kekerasan berikutnya, aparat keamanan telah berjaga-jaga di sekitar lokasi kejadian. Mereka mengklaim saat ini situasi “kondusif.”

“Aparat gabungan TNI/Polri sudah mengamankan lokasi kejadian,” kata Juru bicara Polda Papua Kombes Pol Rudolf Patrige seperti dikutip Liputan6.com. [Ibnu K/Bersamadakwah]

You Might Also Like

0 komentar: