Kabar NTB

Dr Rosiady Sayuti Sekda Baru NTB

06.15.00 Iwan Wahyudi 0 Comments


MATARAM – Teka teki sosok Sekretaris Daerah (Sekda) NTB yang baru akhirnya terjawab. Jabatan birokrasi tertinggi daerah itu akan segera diambil alih oleh Dr Rosiady Sayuti yang saat ini masih menjabat kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) NTB.

Surat keputusan (SK) penunjukan Rosiady sebagai Sekda NTB telah diserahkan langsung utusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi.
“SK-nya diterima sekitar dua hari lalu,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol NTB Yusron Hadi, kemarin (27/5).


Pelantikan sekda baru NTB itu pun dijadwalkan berlangsung pekan depan di Ruang Rapat Utama (RRU) kantor Gubernur. Pelantikan rencananya akan dihadiri bupati/wali kota se-NTB beserta wakilnya, pejabat lingkup Pemprov NTB, pejabat instansi vertikal, serta tokoh masyarakat. Rencananya juga akan hadir Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri.

“Pelantikan awalnya dijadwalkan Senin (30/5) tapi ternyata Pak Gubernur ada kegiatan di luar daerah. Kemungkinannya Rabu (1/6) pelantikan,” kata Yusron.

Proses suksesi sekda NTB ini semenjak awal memang diiringi berbagai spekulasi dan desas-desus. Diketahui, proses seleksi dimulai sejak Januari lalu. Ada enam pejabat lainnya yang juga mengincar kursi tersebut.

Mereka yang ikut “bertarung” bersama Rosiady, antara lain  Asisten I Setda Provinsi NTB H Abdul Hakim, Kepala BKPM-PT NTB Ridwansyah, Asisten II HL Gita Aryadi, Kepala BKD NTB H Muhammad Suruji, Asisten III HL Syafi’i, dan terakhir Kepala Bappeda Kabupaten Bima Indra Jaya.

Ketujuh calon sekda itu pun sudah melalui proses penjaringan yang terbilang ketat. Tes meliputi seleksi administrasi, tes kompetensi manajerial/psikologi, penulisan makalah, presentasi, wawancara, hingga penelusuran rekam jejak.

Seleksi tersebut memakan waktu lebih dari sebulan hingga akhirnya mengerucut pada tiga besar calon sekda terbaik, dimana Rosiady termasuk salah satu di antaranya.

Berkas tiga besar calon sekda NTB itu kemudian dikirim ke pemerintah pusat sejak Maret lalu, untuk selanjutnya, dikaji oleh tim penilai di Kemendagri hingga akhirnya mendapat persetujuan langsung dari Presiden Joko Widodo.

“Jadi, penunjukan sekda NTB yang baru ini langsung oleh presiden,” kata Yusron.
Terkait amanah baru yang akan diembannya ini, Rosiady ketika diwawancara Lombok Post, kemarin mengatakan, saat ini era sudah berubah. Dalam artian, penunjukan sekda tidak lagi prerogatif gubernur tetapi melalui seleksi terbuka.

“Melalui seleksi terbuka, ini benar-benar dipilih secara profesional, mempertimbangkan kapasitas masing-masing calon. Ketika saya mendapat kepercayaan tersebut, ini amanah yang harus saya tunaikan,” kata Rosiady. (uki/r10)

Sumber : http://www.lombokpost.net

You Might Also Like

0 komentar: