Berita

Korban Gempa Nepal Kini Capai 1,800 Orang

15.26.00 Iwan Wahyudi 0 Comments


Korban Gempa Nepal Kini Capai  1,800 Orang Korban tewas gempa bumi kuat terus bertambah karena pencarian terhalang minimnya peralatan dan petugas bantuan. (Reuters/Navesh Chitrakar)
 
Kathmandu, CNN Indonesia -- Jumlah korban gempa bumi di Nepal bertambah menjadi 1.805 orang sementara Amerika Serikat mengirim bantuan tim penyelamat dan dana awal sebesar US$1 juta.

Seorang pejabat kementerian dalam negeri Nepal mengatakan jumlah korban tewas dalam gempa bumi terburuk dalam 81 tahun ini sekarang mencapai 1.805. Sementara itu, jumlah korban yang luka mencapai 4.718 orang.

Diantara korban yang tewas terdapat seorang eksekutif Google yang sedang melakukan pendakian Gunung Everest.

Dan Fredinburg merupakan kepala privacy di Google X yang merupakan divisi penelitian perusahaan teknologi itu. Dia sedang melakukan ekspedisi pendakian puntak tertinggi di dunia itu ketika gempa menerjang Nepal dan menyebabkan salju longsor.

Sementara itu, menanggapi permintaan bantuan pemerintah Nepal dalam mengatasi situasi paska gempa, pemerintah Amerika Serikat akan mengirim tim penyelamatan dan reaksi bencana ke Nepal.


Selain itu pemerintah AS telah memberi otorisasi pengiriman dana awal sebesar US$1 juta untuk membantu pemerintah Nepal.

“Kami bekerja sama dengan pemerintah Nepal untuk memberi bantuan dan dukungan,” kata Menteri Luar Negeri John Kerry melalui pernyataan tertulis.

Badan Pembangungan Internasional AS, USAID, menulis di akun Twitternya bahwa mereka bekerja sama dengan Kantor Bantuan Bencana Luar Negeri AS, OFDA, untuk mengirim satu tim reaksi bencana dan menggambarkan bahwa dana bantuan awal ini “diperuntukkan bagi kebutuhan-kebutuhan mendesak.”

Amerika Serikat juga “siap membantu pemerintah dan rakyat Nepal dan wilayah lain,” ujar Bernadette Meehan, juru bicara Dewan Keamanan Nasional dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan Sabtu (25/4).

OFDA mengatakan melalui akun Twitternya terkait rencana megnerahkan satu tim pencarian dan penyelamatan perkotaan dari Departemen Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran daerah Fairfax, dan satu tim dari Departemen Pemadan Kebakaran Los Angeles bersiap untuk dikirim. (yns)

You Might Also Like

0 komentar: