Pena Iwan

KALEMBO ADE KOTA BIMA

05.12.00 Iwan Wahyudi 1 Comments


Banjir bandang yang melanda kota Bima Rabu (21/12/2016) hampir merata menghanyutkan kota di ujung timur Provinsi NTB. Sejak Rabu sore listrik padam dan akses komunikasi via jaringan seluler terputus hingga malam kamis itu kota Bima seperti kota matì ditengah banjir yang belum surut dan hujan yang masih betah mengguyur kota tepian air itu.

Kepanikan lain terjadi, lewat sosial media kabar banjir dahsyat itu menyebar dan kepanikan para sanak keluarga baik diwilayah bertetanggaan kabupaten Bima maupun keluarga yang dirantauan tentang nasib keluarganya. Akses komunikasi baru bisa dijangkau di sekitar tente dan sila. 

Kamis pagi hingga malam kondisi masih sama, namun banjir mulai surut dan bantuan mulai berdatangan. Tapi kepanikan tentang nasib keluarga dikota bima tetap tak hilang malah makin menjadi. Apakah keluarga selamat atau tidak? Tetap dirumah atau mengungsi kemana? Sebagian meminta keluarga di kabupaten bima untuk langsung kekota bima mencari tau kejelasan informasi. Selama keluarga ke kota tidak bisa dihubungi karena jaringan telepon masih terputus, kepanikan makin memuncak.

Menjelang Isya jaringan telepon seluler mulai bisa di akses walau belum normal dan listrik mulai menyala, tapi keluarga masih belum terhubung, bisa jadi karena baterai hp mati atau hp terendam air karena banjir. Menjelang jam 10 malam kepanikan mereda setelah komunikasi tersambung dan normal kembali. Terlihat pada hampir semua memposting kebahagiaan itu via sosial media, lepas sudah kegaduhan hati selama hampir 24 jam yang juga memenuhi status sosial media.

Banjir ini terbesar dalam sejarah Bima, memporak porandakan banyak bangunan dan tempat tinggal. Kalembo Ade kata yang banyak disampaikan banyak kalangan bersamaan ucapan duka. Kalembo Ade yang membuat korban bertahan, para relawan berjibaku membantu, aparat terjun ke garis depan. Kalembo Ade yang akan membuat Kota Bima Bangkit dan Kembali Normal saat dan pasca musibah banjir. Musibah adalah ujian kenaikan kelas, teguran atau sanksi yang diberikan atas tingkah laku selama ini.Mari masing2 berkaca dimana posisi musibah banjir ini pada diri kita sebagai sarana refleksi.

#KalemboAde_KotaBima

04.07.23/12/2016
www.iwan-wahyudi.net

You Might Also Like

1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
    BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

    BalasHapus