Pena Iwan

88 [MENULIS PERADABAN]

07.29.00 Iwan Wahyudi 0 Comments

"Menulis itu merancang Peradaban" (Samuel Huntington)

Salah satu yang membahagiakan saya selama pandemi covid-19 adalah beberapa kali bisa mengikuti kelas menulis. Apakah sebelum pandemi tak ada kelas menulis? Banyak dan lebih banyak lagi kelas offline. Tentu jika offline akan banyak kendala. Jadwalnya tidak sesuai dengan waktu luang dan tempatnya tentu kebanyakan diluar kota bahkan luar NTB. Semasa pandemi kelas online banyak sekali bahkan sering dalam waktu bersamaan dengan narasumber yang berkaliber.
Weekend ini saya coba ngilmu di Syawalan Menulis Indonesia dan Kencan Puisi. Semua bangsa yang memiliki peradaban tak bisa dipisahkan dari budaya menulis. Bagaimana kita bisa mengetahui peradaban dimasa lalu tanpa adanya tulisan dimasa itu? dan bagaimana masa depan bisa melihat peradaban hari ini tanpa adanya warisan literasi? Menulis itu ibu dari peradaban.
"Menulis itu kekuatan" (Ibnu Sina). Kekuatan berpikir dan mengolah gagasan, kekuatan menyampaikan ide, kekuatan merancang peradaban, kekuatan berimajinasi, kekuatan mempengaruhi orang lain, kekuatan mengungkapkan yang tak mampu diucapkan, kekuatan memilih dan memilah kata, kekuatan mewariskan kisah, kekuatan mengendalikan emosi.
Berbuat kebaikan dan menulis harus menjadi prioritas bukan karena mengejar popularitas apalagi isi tas. Bukan berburu like atau followers, tapi tempat berbagi dengan pembaca.
Mari terus menulis apa saja, apapun penilaian orang dan se amatir atau pemula apapun level menulis kita. Kemampuan menulis akan terasah dengan jam terbang. Dan karena kita sedang menulis peradaban, walaupun hanya butiran debu dalam peradaban menulis itu.
14062020
#IWANwahyudi
#InspirasiWajahNegeri
#MariBerbagiMakna
@iwanwahyudi1
@inspirasiwajahnegeri

You Might Also Like

0 komentar: