Goresan Pena

30 Kosakata Ramadhan (1) Ramadhan

20.59.00 Iwan Wahyudi 0 Comments




Syukur Alhamdulillah tamu itu sudi mendatangi kembali, mengetuk pintu waktu dan peristiwa hidup yang akan kita lalui. Tamu yang keagungannya betapa besar dan kemuliaannya tak habis kata untuk menuliskan. Ramadhan satu diantara dua belas bulan yang dihamparkan-Nya dalam setahun untuk setiap makhluk. Ia penghulu para bulan dengan 1001 kebaikan.

Bulan yang siangnya para hamba menahan dahaga dan lapar walau dengan meminum dan memakan yang halal, dan malam yang senantiasa dihidupkan dalan lautan dzikir  dan ibadah.

Bulan dengan keringanan berbuat kebaikan yang menjulang oleh setiap insan beriman, Bulan sa’at waktu makan kita hampir serentak dengan manusia lain ( sahur dan berbuka) walau kita memiliki harta dan kemampuan yang lebih dari yang lainnya.

Bulan ketika lidah lebih banyak mengeja kembali ayat-ayat Ilahi dan sujud-sujud memenuhi sajadah Rumah Tuhan.

“ ( Yaitu) bulan Ramadhan yang padanya (mulai) diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Maka barang siapa diantara kalian melihat bulan itu, hendaklah ia berpuasa. “ ( QS. Al-Baqarah : 185)

Marhaban Ya Ramadhan

Rontu City, 29 Juni 2014

IWAN Wahyudi

You Might Also Like

0 komentar: