Pena Iwan

86 [BAHAGIA ITU MENAKJUBKAN]

07.34.00 Iwan Wahyudi 0 Comments


Orang yang bahagia adalah orang yang apabila memperoleh nikmat bersyukur, apabila memperoleh musibah, bersabar dan apabila berbuat dosa, beristighfar (A'idh Al-Qarni).
Apa yang membuat orang senang? Pastinya nikmat keberhasilan, kesenangan, kesuksesan dan sejenisnya. Senang belum tentu bahagia karena banyak yang memiliki kecukupan, kesenangan keberhasilan juga kesuksesan namun tak sempurna menikmatinya. Rasa bersyukur akan mendatangkan keberkahan yang menjalarkan kebahagiaan pada diri seseorang.

Apa yang membuat orang tak bergembira? Tentu kegagalan, musibah, kedukaan dan kekurangan. Hal ini akan menimbulkan stress pada diri seseorang hingga pada puncak ingin mengakhiri hidup lebih awal dari ajalnya atau mati sebelum waktunya. Membalikkan semua itu menjadi kebahagiaan sederhana rumusnya, cukup dengan bersabar. Yang memberi ujian mengetahui kapasitas dan daya tahan manusia, mengetahui batas waktu dan balasan dari segala musibah tersebut.
Apa yang membuat orang sengsara? Dosa yang dilakukannya. Bagi yang sadar, itu merupakan aib, goresan luka yang memalukan. Bagi yang terbuai ia merupakan kesenangan yang semu dan tak menenangkan jiwa. Beristighfar dan bertaubat secepat dan sebenar-benarnya, jalan untuk kembali meraih rasa bahagia.
Desah nafasnya sebagai ketaatan dan aktivitasnya sebagai pendekatan diri kepada Allah SWT(taqarrub). Seluruh kegiatan dan amal ibadahnya adalah lillah (untuk Allah), billah (dengan Inayah/perlindungan Allah), 'alallah (disandarkan kepada Allah), ilallah (ditujukan kepada Allah), dan fillah (karena Allah).
Ternyata bahagia itu sederhana dan menakjubkan. Yang rumit dan menyulitkan sebenarnya adalah diri kita sendiri.
11062020
#IWANwahyudi
#InspirasiWajahNegeri
#MariberbagiMakna
@iwanwahyudi1
@inspirasiwajahnegeri


You Might Also Like

0 komentar: